Skip to main content

Jogja Kota LDR-an


Jogja selalu bisa membuatmu merindukan sesuatu. Kekasih, keluarga, liburan, bahkan rumah. Bagi sebagian orang, Jogja mungkin memberikan jarak yang mau tidak mau dilewati demi melanjutkan kehidupan. 

Jogja kota LDR-an bagi seseorang yang belahan jiwanya di seberang kota lainnya. 

Mereka yang mati-matian menahan temu lantaran harga tiket kereta yang subsidinya kehabisan waktu. Dinding kokoh Stasiun Tugu menjadi saksi gerbong-gerbong kereta mengantar dan membawa pergi sang kekasih hati. Ruas-ruas jalan Malioboro mengingatkan dua tangan yang pernah bergandengan melewati ratusan pedagang. Tak terhitung berapa lagu dilantunkan musisi jalanan sepanjang jalan Mangkubumi untuk membuat kenangan akan romantisme Yogyakarta.

Mungkin sudah milyaran sajak terlahir di Jogja dengan merindukan kekasih sebagai induknya. Jogja tempat dua dari banyak kepala bertemu untuk kemudian dipersatukan rasa yang sama. Banyak pasangan kekasih menjadikan Jogja tempat mereka menghabiskan waktu berdua. Beberapa sementara, beberapa lainnya masih menunggu masa hubungan tidak lagi berbeda kota.

Jogja kota LDR-an bagi mahasiswa rantau yang rindu rumah. 

Begitu banyak universitas negeri dan swasta di Jogja menjadi penentu masa depan bagi para calon sarjana. Bisa kau hitung berapa jumlah kost yang sudah penuh di Jogja? Sepenuh itu pula kerinduan seorang anak terhadap kampung halamannya. Mereka yang paham rasanya menghemat uang di akhir bulan. Mereka yang tahu bagaimana penantian uang kiriman. Mereka yang berbondong-bondong memenuhi bus dan kereta tiap libur panjang menuju kampung halaman. Yogyakarta. Kota dipersatukannya banyak budaya demi satu mimpi yang hampir sama, untuk orang tua.

Jogja Kota LDR-an bagi karyawan yang rindu rasanya liburan.

Mereka pekerja yang peluhnya berkejaran dengan jejalan pekerjaan. Bersama segenap tagihan yang mengepungnya dari semua penjuru, Jogja tanpa ampun memberi rindu. Rindu yang bermuara pada akhir pekan ketika tuntutan pekerjaan memberi mereka sedikit jeda. Jogja adalah tempat mereka menghabiskan pungkasan pekan sebelum kembali ke rutinitas harian.
Padatnya jalan setiap jam-jam berangkat dan pulang anak kantoran. Barangkali masing-masing dari mereka mendamba istirahat pikiran pada pantai, gunung, sungai, candi, dan jutaan nutrisi jiwa di sekitar Yogyakarta. Seberapapun jauhnya kau dari muara rindumu, kota ini memberi sejuta kisah yang kelak bisa kau bagi ketika kembali ke peraduan. 

Tak perlu mengutuk jarak, toh kalian masih dapat menghargai waktu. Itulah mengapa Tuhan menciptakan jarak. Mungkin agar manusia lebih bisa memaknai rindu

Yogyakarta. Datanglah dan jangan keluhkan jika kau dibuatnya jatuh cinta.
Yogyakarta. Singgahlah dan jangan umpatkan jika kau diserbu banyak rindu.
Dan...
Yogyakarta. Jelajahilah dan jangan lupa ceritakan kisah bagaimana kenangan dibuat di dalamnya.


Pernah LDR-an di Jogja? Kita sama...

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Untuk Perempuan Yang (Pikirannya masih) Sedang Di Pelukan

"Jika yang suci selalu bening, maka tidak akan pernah ada kopi di antara kita." - Sujiwo Tedjo. Perempuan di depanku memandang kosong menembus kaca yang dibasahi bulir-bulir hujan di luar. Sudah berapa prosa yang di dalamnya terdapat adegan seseorang memandangi jendela? Nyatanya keheningan seolah menitip pesan untuk sepi pada setiap tatapan kosong yang pikirannya sedang dikembarakan. Sepi seperti telah menipuku dengan damai. Padahal aku menangkap jelas bagaimana sulitnya perempuan ini berdamai dengan lukanya sendiri. Tak pernah ada yang benar-benar baru, kan? B ahkan untuk sebuah harapan yang benar-benar tersembunyi pada palung hati sekalipun. Tebuat dari apa hati perempuan ini? Kenapa sulit sekali menerima kenyataan yang memang sering tak sesuai keinginan. Tiba-tiba meja di depan kami terasa begitu luas. Sampai aku tak bisa menjangkau perempuan yang sedihnya bisa membuatku kehilangan separuh nyawa agar bangun dari lamunannya. ”Kamu baik-baik saja?” tanyaku

Barasukma (18)

Ada yang mengapung di dalam mataku. Sesuatu seperti luka. Tapi riaknya terlalu kecil untuk membuatmu sadar bahwa rindu kita telah tercemar. Aku menyimpan semua rapat-rapat. Hanya untuk menunggu waktu yang tepat. Mengirimimu kartu ucapan bergambar darah dengan sebuah tulisan berbunyi 'terlambat'.

Taraa.. This is Tribal Trends

“Sist, aku mau crop tribalnya ya. Ready kapan?”             Yang gila fashion pasti tau dong motif tribal. Motif tribal lagi happening nih. Para desainer juga lagi berlomba-lomba buat menciptakan busana dengan motif tribal. Mulai dari sekadar kaus, rok, blazer, tas, turban, wedges, sampai garskin! Tapi tau nggak sih gimana asal- usul si tribal ini? Penasaran? Let see… Tribal dalam arti kata bahasa inggris artinya kesukuan. So, tribal mencerminkan tentang motif kesukuan seperti gambar rusa, pohon, dll. Hampir mirip sama Indian style tapi bedanya Tribal lebih menonjolkan corak garis garis yang sejajar dan lebih bermacam warna. Sedangkan Indian Style cenderung berwarna gelap dan cokelat. Nah, karena tribal merupakan motif kesukuan berarti motif-motif khas daerah di Indonesia juga bisa dikategorikan sebagai motif tribal. Motif tribal ala Indonesia juga banyak banget. Ada corak suku dayak, tenun ikat, tenun todo